Bagaimana Agar Dapat Menghargai Orang Lain ( bagian 1 )



Membantu orang lain merasa penting

Ada banyak cara untuk membantu orang lain merasa penting. Bersikap sopan, ramah dan suka menolong adalah suatu awal yang baik. Berikut adalah sejumlah saran tambahan.

menghargai orang lain
    Bersikaplah waspada
Senantiasa carilah peluang-peluang untuk memuji suatu tindakan atau presatasi orang lain. Orang yang senantiasa awas dan waspada akan selalu menemukan sebuah alasan untuk memuji atau menghargai orang lain. Sebagaimana disarankan oleh para pengarang the one minute manager, pergokilah seseorang sewaktu dia melakukan tugasnya dengan baik.

    Bersikaplah hidup-hidup
Senantiasa perlihatkanlah semangat sewaktu anda berhubungan dengan orang-orang lain. Perlihatkanlah bahwa anda suka menjumpai mereka dengan jabatan tangan anda, senyuman anda, dan kata-kata anda. Ingatlah kisah mengenai ketiga tukang pasang batu bata itu. Ketika ditanya, “apa yang sedang anda lakukan ?” tukang batu yang pertama menjawab, “memasang batu bata.” Tukang pasang batu kedua menjawab “mencari nafkah $ 12.50 satu jamnya.” Dan tukang pasang batu yang ketiga berseru “ berseru, mengapa, saya sedang membangun katedral yang paling indah di seluruh dunia !” kini, kalau seseorang dapat menjadi begitu bergairah mengenai batu bata yang sederhana itu tak dapat diragukan lagi bahwa anda dapat menjadi sama bergairahnya sewaktu anda menjumpai orang-orang lain.

    Mudah dijumpai
Senantiasa tunjukanlah suatu minat pada apa yang sedang dilakukan oleh orang-orang lain. Tawarkanlah bantuan dengan cara tertentu kalo ada dapat. Doronglah mereka dalam usaha mereka. Suatu ungkapan dukungan terkadang dapat merupakan suatu yang menjadi pembeda antara langit dan bumi.

    Bersikaplah penuh perhatian
Tanyailah orang-orang lain mengenai keluarga dan hoby kesukaan mereka. Temukanlah apa yang disumbangkan orang-orang lain kepada masyarakat mereka dan pujilah usaha-usaha mereka. Temukanlah pula dimana mereka mengalami kesedihan dan barangkali membutuhkan suatu bantuan.

    Bersikaplah penuh penghargaan
Memberi apresiasi secara harafiah berarti meningkatkan nilai, sebagaimana “ depresiasi” berarti menurunkan  nilai. Orang amat mendambakan penghargaan atas siapa mereka itu dan apa yang mereka wakili. Dengan menambahkan nilai kepada orang-orang lain, anda menambahkan nilai kepada dunia. B.C Forbes pernah menulis dalam majalah forbes : “tidak ada manusia yang dapat menjadi bahagia secara tulus selain apabila ia memiliki penghargaan yang tinggi dimata rekan-rekan manusianya. Dia yang akan berurusan dengan kita secara berhasil hendaklah jangan pernah melupakan bahwa kita memiliki dan dikuasai oleh ego ini. Sepatah kata penghargaan kerap kali dapat mencapai apa yang tak dapat dicapai oleh apapun lainnya.”

bersambung

Post a Comment for "Bagaimana Agar Dapat Menghargai Orang Lain ( bagian 1 )"

Berlangganan via Email