Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENINGKATKAN DISIPLIN

Asep Lukman Disiplin
Meningkatkan Disiplin Saya seorang pimpinan perusahaan yang sering dihadapkan dengan rendahnya disiplin karyawan, seperti datang terlambat, tugas tidak selesai tepat waktu, dan sebagainya. Bagaimana caranya agar karyawan saya memiliki tingkat disiplin yang tinggi?

Jawab:

Sebelum menjawab persoalan tersebut, saya akan mengajukan sebuah pertanyaan: Kenapa kita disiplin mendirikan shalat lima waktu? Apakah karena ada perintah shalat lima waktu atau karena ingin masuk surga? Kita pasti menjawab karena ingin masuk surga.

Begitu pula dengan membangun disiplin. Disiplin tinggi adalah sebuah hasil (result). Untuk mendapatkannya, tidak bisa dengan cara memberi instruksi atau perintah. Ia lahir dari perpaduan visi yang jelas dengan komitmen kuat untuk mencapainya. Seorang karyawan yang memiliki visi yang sama dengan perusahaan, pasti akan berkomitmen untuk mencapai visi tersebut. Komitmen kuat untuk mencapai visi itulah yang akan memunculkan disiplin tinggi. Jelas, dibutuhkan waktu dan proses untuk mencapainya.

Tugas seorang pemimpin adalah menjelaskan visi dan memberi keyakinan untuk mencapai visi yang dimaksud. Dengan komitmen dan integritas yang kuat kepada nilai-nilai mulia yang ditiupkan Tuhan dalam setiap nurani manusia, munculnya kedisiplinan tinggi adalah sebuah keniscayaan. Tanpa komando, tanpa instruksi, tanpa perintah.

Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah Timur dan Barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa. (QS. Al-Baqarah [2]: 177)

Post a Comment for "MENINGKATKAN DISIPLIN"