Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan tinggal hitungan hari saja. Kurang dari sepekan dari sekarang, kita akan memasuki bulan penuh kegembiraan ini. Bagi kita gembira, bagaimana dengan anak-anak kita?
Sudah pasti tentunya sama pula. Malah jika kita tanyakan kepada mereka, seperti jawaban dari mereka adalah sudah tak sabar menantikan bulan shaum ini.
Tapi berpuasa bersama si kecil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut di antaranya:
Mengajak anak-anak untuk sahur bersama keluarga, ini untuk mengenalkan dan membiasakan diri agar mereka dapat memahami waktu sahur. Pastikan untuk selalu melakukan sahur agar mendapatkan sumber energi.


Aturlah menu makanan sahur sesuai dengan kesukaan anak, dengan mengutamakan kandungan gizi, karbohidrat dan nutrisi yang cukup.
Membuat suasana menyenangkan saat sahur, lakukanlah dengan lemah lembut dan penuh kasih sayang. Karena pada saat ini anak masih terasa sangat mengantuk.
Tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung lemak dan berserat untuk membantu menghindari rasa lapar namun memperlancar buang air besar.
Berikan minuman yang mengandung glukosa seperti teh manis, susu, atau jus buah. Karena glukosa mudah larut dan diserap oleh tubuh sehingga dapat dengan cepat digunakan sebagai sumber energi.
Jangan berikan vitamin penambah nafsu makan saat sahur karena dapat membuat anak cepat lapar.
Pada waktu siang hari jika anak merasa lapar dan tidak bisa menahannya, biarkan mereka makan lalu minta mereka melanjutkan puasanya sampai waktu berbuka.
Memberi motivasi dan penghargaan kepada anak-anak jika mereka berhasil berpuasa satu hari penuh. Penghargaan ini tidak harus berwujud uang saku, tapi bisa juga dengan memberikan menu spesial kesukaan anak saat berbuka.
Ketika berbuka puasa, mulailah dengan memakan atau minum yang manis seperti buat kurma atau teh manis. Dianjurkan untuk minum yang hangat tidak dingin (es).
Saat berbuka cegah anak makan terlalu kenyang, karena akan membuat perut sakit dan anak menjadi trauma. Ajarkan makan secara bertahap. Misalnya setelah sholat magrib lalu dilanjutkan setelah sholat isya. [nm]

Post a Comment for "Persiapan Bulan Ramadhan "