11 Laboratorium Tes Covid 19, Siap Hempaskan Corona di Jawa Barat

Pemrov Jabar dalam rangka memaksimalkan pengetesan covid 19 di Jawa Barat, akhirnya menyiapkan beberapa laboratorium tes Covid 19 secara jejaring yang menyebar di beberapa kota yang ada di Tatar Pasundan ini, yang di persiapkan untuk menjadi tempat mengetes dengan alat PCR.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid 19 Jawa barat, Berli Hamdani mengatakan, ada sekitar 8 Laboratorium yang sudah di tunjuk oleh Pemprov Jabar agar dalam melaksanakan pemeriksaan PCR, yaitu Unpad Jatinangor, RSHS, RSUI, Labkesda Kota Bekasi, Labkesda Kabupaten Bekasi, IPB ( Institut Pertanian Bogor ), VET Subang, dan BBTKL Jakarta.

11 Laboratorium Tes Covid 19, Siap Hempaskan Corona di Jawa Barat

“Sekarang ke-11 laboratorium tersebut yaitu LIPI, BB Vet Bogor, RS Cibinong, Citra Arafik, RS Hewan Cikole, Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon, RSUD Pelabuhanratu, RS Waled, Al-Ihsan yang bekerja sama dengan Unisba, Poltekes, dan RSP Kerawang,” ujar Berli dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/5/2020).

Ketika dilakukan kunjungan kelayakan dan kesiapsiagaan dari 11 Laboratorium satelit tersebut,  serta dikeluarkanya surat rekomendasi beroprasionalnya Litbangkes Kementerian Kesehatan RI, serta mempersiapkan langkah-langkah untuk dilakukannya Reagensia PCR – Reagensia Ekstraksi – VTM – Swab Sticks.

“Kesiapan laboratorium akan membuat tes dengan metode berjalan optimal. Tes swab sendiri dilakukan untuk menerapkan intervensi yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan, menyeimbangkan pengendalian pandemi kesehatan dengan kebutuhan hidup dasar masyarakat Jabar yang menjalani PSBB,” tutupnya.

Hal ini menjadi langkah terbaik yang dilakukan oleh Pemprov Jabar, dalam memiliki kemandirian dalam upaya pencegahan penyebaran covid 19 di Jawa Barat, dengan cara memiliki laboratorium tes covid 19 secara mandiri adalah langkah-langkah nyata dalam memaksimalikan potensi-potensi yang ada di Jawa Barat itu sendiri.


Post a Comment for "11 Laboratorium Tes Covid 19, Siap Hempaskan Corona di Jawa Barat"

Berlangganan via Email