Beras Pandanwangi Cianjur 0821-1177-8165

Beras pandanwangi Cianjur adalah salah satu jenis padi yang menjadi unggulan dari Cianjur, jenis pandan wangi ini terkenal dengan kelezatannya selain harum pandan pada saat dimasak untuk dijadikan nasi.

Beras pandanwangi hanya bisa ditanam di kabupaten cianjur namun tidak semua tempat atau kecamatan yang ada di Cianjur yang bisa ditanami oleh beras yang menjadi ciri khas kabupaten Cianjur ini, maka untuk itu pemda Cianjur sedang menggalakkan pembukaan lahan baru untuk pertanian di Cianjur, khususnya untuk mempertahankan ketersediaan beras pandanwangi di Cianjur.

Beras Pandanwangi Cianjur 0821-1177-8165

Dari jumlah 32 kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur hanya ada 7 kecamatan yang bisa di tanami padi pandanwangi ini, diantaranya adalah kecamatan Cianjur, Cibeber, Warungkondang, Gekbrong, Campaka, Cugenang, Cilaku.

Beras pandanwangi ini pertama kali di perkenalkan oleh salah seorang pedagang beras dari Cianjur di Jakarta pada tahun 1970, dan di tahun 1973 mulai marak para petani yang menanam beras pandan wangi ini, karena rasanya yang enak dan juga mengeluarkan bau harum pandan, sehingga banyak yang menyebutnya adalah beras pandan wangi.

Bentuk dari beras pandanwangi ini sendiri berbeda dari yang lain, yaitu berbentuk bulat dan memiliki bintik di tengahnya, berwarna kuning cerah dan bukan berwarna putih bersih, dan tidak bulat panjang. Karena kita harus hati-hati juga bahwa banyak sekali orang yang memalsukan beras pandanwangi ini.

Di pasaran harga beras pandanwangi ini dijual perkilonya adalah 25.000 dan yang jenis keduanya dari beras pandanwangi ini di jual 18.000/kilogram di pasaran di kabupaten Cianjur. 

Untuk mendapatkan hasil beras pandanwangi asli, maka seorang petani harus melalui tahapan-tahapan yang penting dan sangat menentunkan hasil dari beras tersebut, dan pada umumnya beras pandanwangi bisa dinikmati oleh manusia setelah melalui proses tanam kurang lebih 5 bulan. 

Setelah panenpun padi pandanwangi tidak bisa dipelakukan sama dengan beras lainnya, karena cara memotong padi pandanwangi juga berbeda dengan padi kebanyakan, maka dari proses inilah tercipta kualitas beras pandanwangi yang baik dan enak rasanya. 

Untuk mendapatkan beras pandanwangi Cianjur asli produksi para petani di Cianjur bisa menghubungi nomor HP 0821-1177-8165 


Post a Comment for "Beras Pandanwangi Cianjur 0821-1177-8165"

Berlangganan via Email