Top Ad unit 728 × 90

Tulisan Terbaru

Artikel

Lebaran Idul Fitri 1438 H

Alhamdulillah setelah sebulan penuh berpuasa menahan lapar dan haus juga hawa nafsu bagi umat islam, akhirnya selesai sudah puasa ramadhan di tahun 1438 H ini, bagi umat islam, dan akan terpilih siapa orang-orang yang benar-benar bertaqwa kepada Allah SWT.

Karena tujuan puasa sesungguhnya adalah untuk menjadikan seorang muslim menjadi manusia yang bertaqwa, kata taqwa sangat mudah untuk di ucapkan namun penuh ujian untuk merealisasikannya. karena dari kata taqwa tersebut muncul dua kalimat setelahnya yaitu, menjalankan semua perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan yang Allah SWT tetapkan.

Manusia adalah makhluk pilihan Allah yang bertugas untuk memakmurkan bumi ini, manusia diberikan dua potensi besar, yaitu akal dan hawa nafsu, dimana dengan akalnya manusia bisa menjadikan makhluk yang sangat dihargai oleh penduduk bumi dan langit, malah dikatakan apabila manusia dengan akalnya yang baik bisa membuat kagum para malaikatnya Allah.

Namun dengan nafsunya yaitu potensi manusia yang kedua, manusia bisa menjadi sangat rendah derajatnya di bandingkan dengan hewan yang lebih hina sekalipun, karena hidupnya hanya menuruti hawa nafsu saja, seumpama hewan saja.

Maka dengan adanya Akal dan Nafsu manusia memiliki sebuah pilihan dalam hidupnya, akan akan menjadi mulia atau menjadi terhina. manusialah yang bisa menentukan dirinya sendiri.

Dengan adanya puasa satu bulan penuh di bulan Ramadan inipun memberikan pilihan bagi manusia apakah dirinya ingin menjadi manusia yang mulia dengan menyandang derajat taqwa atau menjadi manusia yang hina binasa.

Apabila dirinya ingin menjadi manusia yang taqwa dan mulia, maka salah satunya adalah dengan melaksanakan puasa satu bulan penuh tersebut, harus diingat juga bahwa puasa ramadhan itu bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga saja, namun juga juga harus mampu untuk menundukan hawa nafsu juga, ingat ya menundukkan bukan mematikan hawa nafsu.

Menurut beberapa ulama bahwa puasa itu ada beberapa tingkatan atau level, nah untuk puasa yang hanya menahan lapar dan haus saja itu adalah level yang paling rendah, dan masih ada beberapa level puasa lagi di atasnya. silahkan bisa di tanyakan kepada alim ulama terdekat di daerah Anda untuk mengetahui lebih jelasnya tentang tingkatan puasa.

Baiklah, ini hanya sekedar tulisan untuk berbagi saja dan mengasah untuk selalu menulis, mungkin tulisannya agak berantakan dan tidak tersusun dengan baik.

Akhirnya saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Taqoballallohu Minna Waminkum, Shiyamana wa shiyamakum, minal aidzin wal fa idzin mohon maaf lahir dan bathin untuk seluruh pembaca blog www.asep.my.id yang berhagia dan semoga Allah memaafkan kita semua. serta menjadikan kita hamba-hambanya yang bertaqwa dan terimanya amalan puasa kita di hadapan Allah SWT.


Lebaran Idul Fitri 1438 H Reviewed by Asep Lukman on 11:15 PM Rating: 5

No comments:

Silahkan memberikan komentar yang baik, semoga sukses selalu untuk anda, Terima Kasih.

Designed by Asep Lukman

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.