Kampus Perguruan Tinggi Islam STAI Al Azhary Cianjur

STAI AL-AZHARY CIANJUR

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Azhary Cianjur merupakan perguruan tinggi swasta yang telah berdiri lebih dari 30 tahun dan hingga kini tetap survive serta tetap diakui masyarakat dan pemerintah sebagai salah satu Perguruan Tinggi swasta terkemuka di Jawa Barat khususnya di Kabupaten Cianjur. 

STAI AL-AZHARY menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Cianjur yang mempunyai dua Prodi dan telah terakreditasi oleh BAN-PT

1. Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) (S.1) 
    Dengan kualifikasi B berdasarkan nomor SK. Nomor : 2629/SK/BAN-PT/Al-PPJ/S/IV/2020

2. Prodi Ahwal Al-Syakhsyiyyah terakreditasi BAN PT 
    Dengan kualifikasi C dengan nomor SK. Nomor : 4014/SL/BAN PT/Akred/S/X/2019

Kini STAI AL-AZHARY mengajukan akreditasi institusi setelah melakukan berbagai evaluasi, perbaikan, dan kemajuan, bukan saja untuk mendapatkan pengakuan dari BAN-PT. 

Namun juga mendapat pengakuan dari sivitas akademika, stakeholder, dan masyarakat di Indonesia dan internasional.

STAI AL-AZHARY memiliki sarana dan prasarana yang cukup refresentatif dan lengkap untuk proses perkuliahan diantaranya Sarana dan prasarana pendukung untuk kegiatan akademik dan nonakademik seperti :
  1. Ruang kuliah, 
  2. Laboratorium Micro Teaching, 
  3. Labolatorium Bahasa, 
  4. Laboratorium Syariah, 
  5. Labolatorium Komputer, 
  6. Masjid Kampus, 
  7. Kantin, 
  8. Lapangan Olah raga, 
  9. Aula Serbaguna untuk berbagai kegiatan, 
  10. Lahan parkir yang luas dan area kampus seluruhnya dapat dijangkau dengan wifi. 
Mekanisme dan penggunaan ruang kuliah, ruang serbaguna, dan olah raga diatur secara terpusat. 

Pengelolaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana kampus juga dilakukan terpusat di bawah Pembantu Ketua II bidang Keuangan, administrasi umum, dan sarana prasarana.

Perguruan TInggi Islam, Sekolah TInggi, Kuliah di STAI Al Azhary Cianjur


VISI & MISI STAI Al-Azhary Cianjur

Visi
Kompetitif – Unggul - Santun

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas secara akademik dan profesional serta memiliki integritas pribadi sebagai sarjana muslim.

2. Menyelenggarakan dan mengelola pendidikan tinggi yang profesional, akuntabel, dan berdaya saing, yang dibutuhkan oleh para pengguna jasa pendidikan tinggi dan memenuhi harapan masyarakat.

3. Menyelenggarakan penelitian dan kajian ilmiah yang mampu mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS), serta mampu mengembangkan dan memberdayakan diri dan masyarakat menuju tatanan masyarakat yang madani.

4. Membangun kepercayaan dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

5. Menyelenggarakan tatapamong perguruan tinggi yang kredible, akuntabel, transparan, bertanggungjawab dan adil yang menjamin peningkatan kualitas berkelajutan.

PRODI ( Program Studi )


Visi Misi dan Tujuan Program Studi PAI

Visi 
Pada tahun 2024 menjadi Program Studi yang Bermutu, Berdaya Saing, dan Berparadigma Islami, atau disingkat menjadi Bermutu,  Kompetitif,  dan Paradigma Islami.

Adapun indikator visi adalah sebagai berikut:
  1. Pendidikan dan pembelajaran yang bermutu dan profesional;
  2. Penelitian dan pengabdian masyarakat yang mempunyai relevansi dengan pengembangan ilmu dan profesionalitas PAI;
  3. Pengelolaan yang akuntabel, kredibel, dan profesional;
  4. Peningkatan jaringan kerjasama yang berbasis pengembangan mutu;
  5. Peningkatan mutu yang berdaya saing dalam bingkai integrasi tradisi keilmuan dan religiusitas dalam konteks PAI;
  6. Aktualisasi religiusitas dalam konteks pemberdayaan program studi:

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang bermutu untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam bidang PAI secara akademik dan profesional serta memiliki integritas pribadi sebagai sarjana muslim;
  2. Menyelenggarakan program studi yang profesional, akuntabel, dan berdaya saing, yang dibutuhkan oleh para pengguna jasa pendidikan tinggi dan memenuhi harapan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan penelitian dan kajian ilmiah yang mampu mengembangkan Ilmu Pendidikan Agama Islam serta mampu mengembangkan dan memberdayakan diri dan masyarakat  menuju tatanan masyarakat yang madani;
  4. Membangun kepercayaan dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran dan kompetensi lulusan PAI;
  5. Menyelenggarakan pengelolaan program studi PAI yang kredible, akuntabel, transparan, bertanggungjawab dan adil yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

Tujuan 
  1. Menghasilkan guru Pendidikan Agama Islam yang berkepribadian muslim serta memiliki kompetensi sebagai pendidik yang akan bekerja di lingkungan sekolah, madrasah, dan lembaga pendidikan serta  pelatihan.
  2. Menghasilkan  tenaga pendidik dan konsultan PAI yang memiliki landasan dan wawasan keilmuan yang kuat dan kompetetif sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai guru PAI di sekolah atau madrasah yang menguasai bidang keahliannya.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan ilmu Pendidikan Islam  secara kritis dan analitis dalam menyelesaikan persoalan pendidikan agama
  4. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan kependidikan Islam dalam bingkai integrasi tradisi keilmuan dan keagamaan.


HKI - STAI AL-AZHARY CIANJUR

Prodi Ahwal Al-Syakhsyiyyah memiliki cita-cita untuk menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang maju dan mampu menjawab segala tantangan dengan adanya teknologi yang semakin berkembang dalam masyarakat, khususnya pada bidang syari’ah. 

Program Studi Ahwal Al-Syakhsyiyyah merupakan bagian dari Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhary Cianjur yang bertindak sebagai institusi penyelenggara pendidikan tinggi berada di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dalam rangka pencapaian cita-cita tersebut, Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhary Cianjur dalam kedudukannya sebagai bagian integral dalam Sistem Pendidikan Nasional melaksanakan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi : 

Pendidikan, Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Berdasarkan kondisi yang ada, serta berlandaskan pada peranan Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Nasional, maka perencanaan Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhary Cianjur disusun atas dasar strategi sebagai berikut :

• Jangka pendek yang lamanya satu tahun. Perecanaan ini dititikberatkan pada konsolidasi untuk mencapai mutu standar tertentu sehingga bisa mencapai kebutuhan masyarakat.

• Jangka panjang yang lamanya 5 (lima) tahun. Perencanaan pengembangan institusi mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat akan pendidikan tinggi keagamaan, yang :

  a) Berakhlak mulia.
  b) Kreatif dan inovatif.
  c) Berwawasan kebangsaan.
  d) Cerdas, sehat, dan mampu bersaing.
  e) Berdisiplin dan bertanggung jawab.
  f) Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang serta mampu menerapkannya secara simultan.


Kampus Perguruan Tinggi Islam STAI Al Azhari Cianjur

Tata Cara Mendaftar di Kampus STAI Al Azhary Cianjur

Tahun Akademik 2020/2021

Kampus perguruan tinggi Islam STAI Al Azhary Cianjur adalah kampunya penulis, saya menjadi salah satu mahasiswa di STAI Al Azhary pada tahun 2002 sampai 2006, dan sempat mengikuti perkulian jurusan MEPI yaitu Managemen Ekonomi Perbankan Islam, namun usia MEPI hanya satu tahun saja tidak di perpanjang, karena belum memenuhi ketentuan dari pusat.

Akhirnya saya melanjutkan ke Jurusan Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah, namun karena saat itu juga pada tahun 2007 saya di angkat bergabung dengan salah satu perusahaan pengembangan sumber daya manusia terbesar di Indonesia yaitu ESQ Leadership Center, Pimpinan DR.HC Ary Ginanjar Agustian.

Pada tahun 2017 mengundurkan diri dari team Training ESQ setelah 10 tahun bersama dengan Pak Ary Ginanjar Agustian beserta team berkeliling Indonesia, dari mulai Aceh, Sulawesi sampai dengan Nusa Tenggara Timur.

Bagi para lulusan SMA/SMK yang ingin melanjutkan pendidikan di Cianjur, Perguruan Tinggi Islam STAI Al-Azhary Cianjur bisa menjadi pilihan pertama, karena didukung dengan dosen-dosen yang mumpuni di bidangnya. 

Berikut ini adalah tata cara atau alur pendaftaran di kampus STAI Al Azhary Cianjur, silahkan bisa di pelajari dan disiapkan, persyaratan apa saja yang harus di lakukan dan di isi oleh calon mahasiswa baru STAI Al Azhary Cianjur.

Alur Pendaftaran

Alur 1
Silahkan Lengkapi data calon mahasiswa pada formulir penerimaan mahasiswa

Alur 2
Silahkan lakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan melakukan transfer ke rekening
Rp. 425.000 (Biaya Pendaftaran, Almamater, Kemahasiswaan)
BANK MUALAMAT : 1410029265
Atas Nama : ASNI FATHIYAH SEJATI

Alur 3
Silahkan lakukan registrasi ulang ke KAMPUS STAI AL-AZHARY dengan membawa bukti transfer dan data diri (printout) yang telah dibuat pada formulir pendaftaran

Alur 4
Tes Tertulis untuk seleksi masuk STAI AL-AZHARY

Alur 5
Pendaftaran ulang sebagai mahasiswa STAI AL-AZHARY

INFORMASI

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan Kontak

 Pak Burhan Latip, S.Pd.I : 0812-1474-9244
 Bu Asni Fathiyah Sejati, S.Si : 0877-2128-4184
 Bu Linlin Sabiqa Awwalina, S.Pd : 0812-2186-4722

Post a Comment for "Kampus Perguruan Tinggi Islam STAI Al Azhary Cianjur"

Berlangganan via Email